Senin, 26 Januari 2009

Ide Bisnis "Gila" di Internet

Waktu preview GLOBAL INTERNET SUMMIT 2006 kemarin, Richard Tan menceritakan beberapa kisah sukses yang unik dari internet. Ada salah satu contoh situs dari Taiwan yang berbahasa Cina. Situs itu menjual e-book bagaimana caranya punya istri muda tanpa ketahuan oleh istri tua. Ha ha ha. Ada-ada aja. Tapi ini benar. Dan banyak peminatnya dari Taiwan dan Hongkong. Saat ini memang banyak pria-pria dari sana yang punya istri simpanan di negara Cina. Mulanya mereka berkunjung bisnis ke sana. Lama-lama punya istri simpanan.
Nah, fenomena ini yang kemudian dibaca oleh pencetus ide bisnis ini. Jadi, banyak para pria yang tidak mau ketahuan oleh istri tuanya. Kemudian dia buat situs yang menjual e-book berisi tips-tips berhubungan dengan istri muda tanpa ketahuan istri tua.
Dari mana dia peroleh tips-tips itu? Apakah dia orang yang pengalaman dalam hal ini? Tidak sama sekali. Dia sama sekali tidak pengalaman dalam hal ini. Caranya? Dia cari teman-temannya yang sudah pengalaman melakukannya. Misalnya, dia kenal dengan si A yang ada pengalaman. Dia minta tips-tips dari si A. Dapat misalnya 5 tips. Kemudian dia minta lagi kepada si B yang juga punya pengalaman. Dari si B dia dapat 5 tips lagi yang berbeda. Demikian seterusnya. Akhirnya terhimpunlah banyak tips yang kemudian dikumpulkannya dalam satu e-book berbahasa Cina. E-book itulah yang kemudian dijual di situsnya. Dan, booom! Laku keras!
Dapat idenya? Kemudian pertanyaannya adalah: apakah kira-kira e-book seperti ini ada peminatnya di Amerika, Perancis, Jepang, Arab Saudi, atau Indonesia? Saya yakin pasti ada. Nah, idenya adalah: bagaimana kalau e-book itu diterjemahkan ke dalam bahasa tersebut? As simple as that. Tapi saya nggak menyarankan yang seperti ini ya. Ini hanya ide saja. Ide “gila” seperti ini pun ada peminatnya.
Situs www.doubleyourdating.com, juga idenya gila. Situs ini menjual e-book cara bagaimana mencium pacar anda untuk pertama kali dengan aman. E-book itu mengajari bagaimana tanda-tanda mengenali sang pacar sudah siap atau belum dan sebagainya. Pengunjung dibuatnya penasaran dan terus meng-klik dan akhirnya membeli e-booknya. Tau nggak, berapa penghasilan dari situs ini. Kalau dirupiahkan bisa sampai Rp. 5 miliar per tahun. Hanya dari situs sederhana itu? Yup.
Ada lagi situs yang menjual download lagu-lagu Cina. Tentunya banyak orang Cina di daratan dan perantauan yang mencari lagu-lagu dari daerahnya. Setiap lagu yang didownload dihargai sekitar Rp. 5.000,- Dan ternyata sudah 500.000 orang yang mendownload dari situs tersebut. Idenya adalah: apakah ide seperti ini bisa diterapkan di Jepang, Perancis, India atau Indonesia? Orang Indonesia banyak yang merantau di luar negeri. Mereka berasal dari berbagai suku. Tentunya ada kerinduan dengan kampung halaman dan ingin mendengar lagu dari daerahnya. Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah. Di sana ada toko kaset lagu-lagu Minang. Kata penjualnya, baru saja ada memborong kaset-kaset tersebut yang ternyata adalah orang Minang yang tinggal di Yunani. Bagaimana kalau lagu-lagu Minang tersebut disediakan dalam bentuk MP3 di internet? Bagaimana dengan lagu Sunda, Batak, Jawa, Ambon?
“Apa saja bisa dijual di internet,” kata Richard Tan yang juga pemilik www.skyquestcom.com ini. Kemudian dia mencontohkan dengan mengetik kata “kill my self” di google. Ternyata ada 63 jutaan orang yang mencari info berkaitan dengan bunuh diri. Nah, di halaman google itu ternyata ada juga peluang bisnis, yaitu jasa konsultasi bagi yang ingin bunuh diri. Misalnya, cara bunuh diri bagi anak-anak, remaja, atau orang tua. Tentunya berbeda-beda sesuai umurnya. Orang tua tidak mungkin bunuh diri dengan cara loncat dari jembatan. Tentu dia akan cari cara yang sesuai dengan umurnya. Ha ha ha..
Ternyata banyak sekali ide bisnis di internet ini. Mulai dari yang normal sampai abnormal. Cerita di atas hanya menggambarkan sekilas saja. Ada seorang mahasiswa Trisakti yang menceritakan pengalamannya setelah ikut World Internet Summit 2005 di Singapura. Empat bulan setelah dia sudah menghasilkan US $ 1.300 dari situsnya. Lumayan, buat seorang mahasiswa. Cuma, saya lupa untuk menanyakan apa alamat situsnya.
Yang penting, dari sekian banyak ide dan cerita ini adalah TAKE ACTIONnya. Take action miracle happen, no action nothing happen.

Tidak ada komentar: